5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mulut Selama Pandemi

Masa pandemi menuntut semua orang untuk turut serta menjaga kesehatan dan kebersihan diri, terutama bagian mulut. Pasalnya, bagian ini adalah gerbang utama masuknya bakteri, kuman hingga virus ke dalam tubuh. Bila terjadi kontaminasi akan timbul banyak masalah pada tubuh. Untuk itulah diperlukan sebuah Informasi kesehatan mulut.

Tips menjaga kebersihan dan Kesehatan mulut

 

1. Memperhatikan Waktu untuk Menggosok Gigi

Informasi kesehatan mulut pertama yang paling banyak disepelekan adalah waktu untuk menggosok gigi yang ideal dilakukan. Banyak sekali yang selama ini salah penafsiran mengenai frekuensi yang perlu dilakukan dalam satu hari, terkait hal tersebut. Perlu diketahui bersama bahwa pandangan yang mengatakan semakin sering melakukan kegiatan tersebut maka semakin bersih itu adalah salah.

Saat Anda terlalu sering menggosok gigi, justru akan menimbulkan pengikisan dan juga menghilangkan pelapis yang melindunginya. Akibatnya, akan terjadi gangguan pada kesehatan dan mulut lebih rentan lagi terserang oleh penyakit seperti sariawan dan sebagainya. Waktu yang tepat untuk melakukannya yaitu pada saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Pemilihan Produk Pasta Gigi yang Alami

Selain mengenai waktu dan juga teknik yang benar dan ideal, juga diperlukan pemilihan produk pasta gigi yang Alami. Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa kandungan fluorida di dalamnya dapat dengan maksimal menjaga kesehatan mulut. Selain itu disarankan juga karena dapat melindungi dari proses pelapukan yang mengakibatkan lubang tidak nyaman.

Untuk itulah Anda harus benar-benar memperhatikan bahan yang terkandung dalam pasta gigi yang digunakan setiap hari. Karena kandungannya memiliki fungsi yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

3. Menggunakan Mouthwash untuk Menjaga Kebersihan Mulut

Menyikat gigi saja saat masa pandemi yang rentan sekali terhadap serangan virus, tentu tidak cukup. Perlu upaya lebih agar mulut benar-benar bersih dan terjaga dari segala bentuk infeksi bakteri ataupun kuman. Salah satu Informasi kesehatan mulut yang penting adalah menggunakan mouthwash. Tentunya, pemilihan produk juga harus diperhatikan seperti keluaran dari variasi yang dimiliki Aloclair.

Jenis mouthwash tersebut mengandung bahan alami yang aman dan nyaman digunakan oleh berbagai golongan dari rentang usia bayi hingga dewasa. Usahakan setiap selesai menyikat gigi, untuk menambahkan kebiasaan baru dengan berkumur-kumur.

4.  Mengetahui Cara Menggosok Gigi yang Tepat dan Benar

Menyikat gigi hingga timbul rasa segar itu tidaklah cukup. Menurut Informasi kesehatan mulut, ternyata terdapat beberapa langkah yang tepat dan benar yang perlu dilakukan untuk mendapat manfaat karenanya. Mulai dari proses yang dilakukannya hingga waktu yang diperlukan saat menggosok.

Langkah-langkah tersebut diantaranya yaitu, lakukan kegiatan sikat gigi selama minimal 2 menit dengan melakukan gerakan memutar dari gusi ke arah gigi. Pastikan Anda telah memaksimalkan proses pembersihan, agar dapat meminimalisasi terjadinya perasaan ngilu karena kenaikan gusi. Setelah itu, pastikan setiap gerakan dilakukan sebanyak 8 kali agar maksimal dan bersih sempurna.

5. Melakukan Pengobatan Saat Timbul Infeksi

Tips terakhir yang harus diperhatikan adalah langkah tepat yang harus dilakukan saat terjadi infeksi pada mulut. Pertama, pastikan Anda melakukan upaya pengobatan dari dalam tubuh dengan melakukan konsumsi sayur, buah yang mengandung vitamin C. Selanjutnya jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Setelah itu gunakan obat luar yang tepat, salah satunya Aloclair.

Itulah informasi kesehatan mulut yang membantu untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Semua bisa segera diaplikasikan sebagai kebiasaan baru yang baik sebagai pencegahan pertama.